WOOD PLASTIC COMPOSITE (WPC) SEBAGAI MATERIAL PENGGANTI KAYU MASA KINI

Tentunya Anda telah menyadari bagaimana keindahan yang ditampilkan oleh elemen kayu pada rumah hunian. Baik itu pada bagian eksterior, ataupun terletak pada sisi interior, dimana elemen kayu tersebut memberikan sebuah keindahan tersendiri terhadap gaya desain yang Anda tampilkan. Namun tahukah Anda bahwa ada material lain bernama Wood Plastic Composite yang bisa digunakan untuk menggantikan material kayu tersebut?
Untuk bisa menampilkan elemen kayu ke dalam sebuah desain, maka biasanya yang akan dilakukan yaitu menggunakan material kayu dengan beragam jenisnya. Jelas ada hal yang harus dibayarkan, terutama dari harga dimana kayu dengan kualitas terbaik tentunya semakin hari akan makin naik harganya. Belum lagi dari segi kelestarian lingkungan, dimana semakin banyak pohon yang ditebang untuk memenuhi permintaan terhadap kayu.
Jadi kenapa tidak mulai menggunakan material alternatifnya saja? Ada Wood Plastic Composite yang bisa jadi alternatif pilihan selain menggunakan material kayu untuk kebutuhan konstruksi bangunan Anda. Karena itulah, kali ini admin akan coba mengulas lebih dalam mengenai Wood Plastic Composite, agar Anda lebih memiliki alternatif pilihan untuk menghadirkan unsur kayu ke dalam rumah hunian Anda nantinya!

Apa Itu Wood Plastic Composite (WPC)?

Bagi Anda yang masih asing atau belum pernah mendengar material ini tentunya akan terasa asing dengan Wood Plastic Composite. Wood Plastic Composite atau yang disingkat dengan WPC ini merupakan material yang tersusun dari elemen kayu dan plastik yang dilebur menjadi satu. Jadi secara sederhananya Wood Plastic Composite adalah material campuran antara kayu dan plastik.
Wood Plastic Composite ini memiliki komposisi yang seimbang antara kayu dan plastik, dimana perbandingannya adalah serat plastik 50% dan serbuk kayu 50%. Dengan begitu, maka Wood Plastic Composite memiliki karakteristik yang unik, dimana memiliki keindahan dari unsur kayunya, namun juga memiliki ketahanan dan kelebihan tersendiri dari unsur plastik atau polimer. Terdengar menggiurkan untuk menggantikan kayu yang selama ini Anda pakai bukan?
Lalu dimanakah penerapan atau aplikasi dari Wood Plastic Composite (WPC) ini nantinya dalam rumah hunian? Yang pasti tidak akan jauh berbeda dengan ketika Anda menggunakan material kayu. Baik itu untuk fasad bangunan atau eksterior, maupun juga diterapkan pada sisi interior rumah. Wood Plastic Composite atau kayu komposit ini akan mampu menggantikan dengan baik tugas dan fungsi kayu yang selama ini Anda pakai.

Apa Bedanya Wood Plastic Composite Dengan Kayu?

Karena digadang sebagai alternatif pengganti kayu yang mumpuni, pastinya Anda akan bertanya-tanya. Apa sih bedanya Wood Plastic Composite ini dengan kayu biasa? Apa kelebihan kayu komposit ini dibandingkan kayu biasa? Untuk menjawab rasa penasaran Anda, maka mari kita bahas perbedaannya.
Perbedaan yang pertama bisa Anda rasakan dari segi penyerapan air. Kayu biasa tentunya akan memiliki daya serap air yang cukup tinggi, yaitu hingga 30%. Sedangkan pada kayu komposit, daya penerapan airnya sangat rendah yaitu hanya berkisar 1,5% saja. Dari sini tentu bisa Anda lihat bahwa kayu komposit akan jadi lebih tahan terhadap hujan dibandingkan dengan kayu biasa.

Bagaimana dengan rayap dan jamur, yang selama ini sering kali jadi ancaman utama untuk material kayu pada hunian Anda? Kabar baiknya, Wood Plastic Composite memiliki ketahanan yang sangat prima terhadap hal tersebut. Hal ini tentunya disebabkan adanya komposisi kayu komposit yang memakai bahan polimer atau plastik, yang tidak Anda temukan pada material kayu.
Lalu bagaimana soal bengkok dan daya tahan terhadap bahan kimia? Untuk material kayu biasa pasti Anda telah mengerti bahwa kayu cukup rentan akan bengkok, dan tidak tahan terhadap bahan kimia. Berbeda dengah kayu komposit, yang tidak mudah bengkok dan cukup tahan terhadap adanya bahan kimia. Dengan adanya perbedaan inilah yang menjadikan kayu komposit sangat direkomendasikan untuk jadi alternatif pengganti material kayu.

Jenis-Jenis Wood Plastic Composite

Melalui penjelasan diatas pastinya sekarang Anda sudah tidak asing lagi dengan kayu komposit, dimana Anda sudah mempunyai bayangan yang jelas akan material yang satu ini. Lalu ada apa saja sih jenis dari Wood Plastic Composite ini? Untuk jenis-jenis dari kayu komposit bisa Anda lihat lebih jelas di bawah ini:

♦Wood Plastic Composite Hollow (WPCH)

Yang pertama ada Wood Plastic Composite Hollow atau yang disingkat dengan WPCH. WPCH merupakan varian jenis dari kayu komposit yang memiliki karakteristik dimana terdapat lubang-lubang yang hampir mirip dengan besi hollow. Karena itulah kayu komposit ini dinamakan dengan Wood Plastic Composite Hollow, karena memang memiliki kemiripan dengan besi hollow.

♦Wood Plastic Composite Solid (WPCS)

Yang kedua ada Wood Plastic Composite Solid atau yang disingkat dengan WPCS. Berbeda dengan kayu komposit hollow, kayu komposit solid ini tentu sudah bisa Anda tebak karakteristiknya. Ya benar, kayu komposit ini memiliki bentuk yang solid seperti papan kayu pada umumnya, karena itulah jenis kayu komposit ini disebut dengan Wood Plastic Composite Solid.

Dari kedua jenis kayu komposit diatas, maka Anda bisa menilai sendiri bahwa tidak terlalu ada perbedaan yang signifikan untuk penggunaan kedua jenis kayu komposit ini. Baik kayu komposit hollow maupun kayu komposit solid bisa Anda pilih untuk Anda jadikan konstruksi bangunan, tergantung gaya seperti apa yang Anda inginkan nantinya. Karena memang keduanya memiliki keunggulan yang serupa, hanya berbeda tampilannya saja.

Kelebihan Dan Kekurangan Wood Plastic Composite

Selanjutnya kita akan coba melihat mengenai kelebihan Wood Plastic Composite. Apa saja sih kelebihan yang dimiliki oleh material kayu komposit ini? Untuk lebih jelas mengenai keunggulan Wood Plastic Composite bisa Anda simak di bawah ini:
1.Memiliki daya tahan prima terhadap air, api, rayap, jamur, bahan kimia, benturan, dan juga abrasi.
2.Mudah untuk didaur ulang.
3.Terdapat berbagai macam ukuran panel sesuai kebutuhan.
4.Harganya relatif lebih murah dibanding kayu biasa.
5.Memiliki keindahan yang tidak kalah cantik dari material kayu.
6.Cocok untuk jangka panjang.
Lalu apa kekurangan dari Wood Plastic Composite ini? Untuk kekurangannya terbilang tidak banyak. Dimana Anda akan menemukan kekurangannya hanya dari segi kebutuhan penampilan. Karena kayu komposit ini hanya memiliki sedikit variasi warna. Namun tentu ini bukanlah masalah besar, karena memang pada umumnya orang ingin menampilkan warna alami dari elemen kayu yang ada bukan?

Aplikasi Wood Plastic Composite

Setelah mengetahui keunggulan dan juga kekurangan dari Wood Plastic Composite, maka tentunya Anda penasaran seperti apa bentuk dan penampilannya saat diaplikasikan ke dalam rumah hunian. Nah untuk aplikasinya ke dalam bangunan bisa Anda saksikan di bawah ini!

Melihat sifatnya yang memiliki daya serap air rendah, maka tentu akan sangat cocok mengaplikasikan kayu komposit ini pada taman, taman belakang, ataupun patio rumah Anda. Adanya visual yang hijau nantinya tentu akan berpadu sempurna dengan elemen kayu yang ada dapatkan dari kayu komposit ini. Yang pasti, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan hujan turun karena tidak akan merusak kayu komposit ini.

Inspirasi lainnya bisa juga untuk menerapkannya pada lantai. Lantai dapur, lantai ruang makan, hingga lantai kamar tidur pun akan sangat cocok menggunakan kayu komposit ini. Jelas nantinya Anda akan mendapatkan suasana yang lebih alami dan juga lebih hangat, dari adanya elemen kayu ini. Dan yang pasti, Anda tidak perlu takut akan noda karena kayu komposit ini cukup mudah untuk dibersihkan.

Ingin mengaplikasikannya sebagai dinding? Tentu bisa juga. Contohnya saja pada dinding taman belakang Anda. Atau Anda ingin menjadikannya sebagai partisi untuk rumah berkonsep open space? Pastinya juga akan sangat cocok! Yang jelas Anda bisa menggunakan Wood Plastic Composite ini secara bebas seperti halnya saat Anda menggunakan material kayu.

Nah itu tadi ulasan mengenai Wood Plastic Composite yang bisa menjadi alternatif tepat sebagai pengganti kayu masa kini. Semoga ulasan kali ini bisa menambah wawasan dan juga inspirasi bagi Anda dalam mempercantik tampilan elemen kayu yang ada pada hunian. Semoga bermanfaat, dan sampai jumpa pada ulasan menarik berikutnya!

Please follow and like us:
Pin Share

Tinggalkan komentar